Lista, Polwan yang Selalu Tebar Senyum

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Lista, Polisi Wanita (Polwan) tak gentar menghadapi aksi ribuan massa tolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Polwan asal Polda Metro Jaya ini memiliki cara jitu saat mengawal demo pada Selasa (27/3/2012).

“Kita harus banyak pasang senyuman. Biar di atas terik matahari juga tetep pasang senyum,” kata Lista, Polwan Polda Metro Jaya saat ditemui Tribun Jakarta, Senin (26/3/2012).

Lista merupakan satu dari satu peleton personel polisi yang akan diterjunkan untuk mengawal aksi penolakan kenaikan harga BBM. Satu peleton polwan ini akan disiagakan di Monas untuk meminimalisasi kericuhan.

Menurut Lista, pengawalan demo kali ini bukanlah hal pertama yang dilakoninya. Ia beberapa kali mengawal unjuk rasa. Suka dan duka pun sudah pernah dirasakan Listi perihal mengawal unjuk rasa massa maupun mahasiswa.

“Sukanya kalau pendemo itu mau menurut. Bahkan, ada juga yang minta foto bareng,” paparnya.

Lista mengatakan, aksi tak melulu berjalan damai. Terkadang aksi pun berlangsung rusuh, dan ricuh.

“Kalau demonya rusuh, kita juga takut. Tapi itu sudah biasa,” paparnya.

Aksi unjuk rasa masyarakat dalam skala besar untuk menolak kenaikan harga BBM sudah berlangsung pada 21 Maret. Hari ini demonstran kembali turun, di antaranya di kawasan Monas dan Istana Kepresidenan.

Kasi Nego, Sabhara Polda Metro Jaya, Kompol Supriyanto menjelaskan pihaknya sudah membekali satu peleton Polwan berbagai jurus saat mengawal demo.

“Polwan di lapangan itu tidak pegang senjata, mereka bertugas berkomunikasi dengan pendemo wanita agar terjadi kesepakatan, mengimbau agar demo tidak anarkis. Kalau polwan ini kan memang dikhususkan bagi pendemo wanita,” kata Supriyanto.

Kendati diarahkan untuk mengawal pendemo perempuan, Supriyanto mengaku pernah mendapati laporan para Polwan ini diganggu pendemo pria.

“Ya wajarlah polwan digoda pendemo pria. Saya hanya berpesan agar tidak perlu ditanggapi dan dibiarkan saja,” imbuhnya. (Theresia Felisiani)