Rencana Microsoft untuk mendukung arsitektur ARM melalui sistem operasi terbarunya, Windows 8, membuka potensi persaingan antara prosesor ARM seperti Qualcomm, Tegra dengan prosesor x86 seperti AMD dan Intel.


IDG melaporkan bahwa Qualcomm saat ini sedang mengembangkan prosesor S4 quad-core SOC(System On Chip) yang ditujukan untuk pasar laptop tipis.

Qualcomm yang terkenal dengan brand prosesor Snapdragon ini akan langsung bersaing dengan platform laptop tipis seperti AMD Ultrathin dan Intel Ultrabook.

Platform laptop tipis yang dikembangkan Qualcomm ini diperkirakan lebih tipis dari MacBook Air dan Ultrabook Intel dengan resolusi layar yang tinggi, baterai lebih tahan lama bahkan dukungan untuk grafis 3D.

“Kami pikir platform yang kami kembangkan jauh lebih tipis dari apa yang Intel sebut dengan Ultrabook,” kata Rob Chandhok, wakil presiden senior Qualcomm.

Produsen prosesor ARM biasanya memasok prosesor untuk smartphone atau tablet PC, kini Qualcomm akan memasuki pasar PC dan laptop melalui prosesor Snapdragon S4 quad-core.

Qualcomm Snapdragon  S4 ini akan diproduksi dengan proses fabrikasi 28nm untuk mengejar efisiensi daya dan meningkatkan kinerja  dari chip Snapdragon sebelumnya.

Tak hanya Qualcomm, Nvidia dan Texas Instruments juga berlomba-lomba untuk menghasilkan kinerja yang menonjol dilingkungan Windows 8.

Seperti yang dikutip dari Tomshardware, Qualcomm juga mempertimbangkan untuk menghadirkan chipSnapdragon versi 64bit, namun hal ini masih belum jelas.

Saat ini pasar telah ramai dengan produk-produk tipis Intel Ultrabook dan AMD Ultrathin seperti Asus U82U, merka akan bersaing dengan laptop bertenaga quad-core Snapdragon dari Qualcomm.

sumber