Telah lama tidak terdengar kabar generasi terbaru dari keluarga supercar asal Amerika, Dodge Viper ini. Sehingga banyak rumor beredar bahwa supercar Viper ini tidak lagi diproduksi, pasalnya pihak Chrysler hampir saja bangkrut. Dan untungnya mereka berhasil bangkit kembali dan bisa hadirkan varian terbarunya pada debut New York Auto Show 2012.

Ajang New York Auto Show 2012 saat ini sudah berlangsung, di mana tanggal 4-5 April ini hanya di peruntukan bagi para wartawan, sedang akan dibuka untuk umum mulai besok tanggal 6-15 April. Dan varian All-New Viper 2013 ini memperlihatkan sosok baru yang berbeda dan lebih bertenaga dari generasi sebelumnya.

All-New Viper 2013 akan diperkuat dengan mesin V10 berkapasitas 8.4 liter yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 640hp pada putaran 6.150rpm serta mampu memiliki torsi sebesar 814Nm pada putaran 4.950rpm. Performa yang dihasilkan kini lebih besar 40hp dan torsi 54Nm dari generasi sebelumnya.

Peningkatan performanya ini diperoleh dari perubahan pada intake manifold dan juga pada exhaust valves. Untuk sistem transmisi, Viper masih mengandalkan transmisi manual 6 percepatan yang akan disalurkan ke penggerak roda belakang yang kini menggunakan teknologi Speed-Sensing Limited-Slip Differential.

Dengan tampilan baru ini, Viper ternyata telah melakukan program diet agar bisa menjadi lebih ringan dari generasi sebelumnya. Pengurangan bobotnya ini dikarenakan penggunaan bahan alumunium pada flywheel, piston, merevisi bagian silinder block serta bagian head gasket.

Tak hanya itu saja, pada bagian rangka kendaraan kini menggunakan bahan magnesium cowl dan pada bagian atap body, kap mesin mengandalkan penggunaan bahan serat karbon fiber. Sedangkan bagian-bagian pintu menggunakan bahan alumunium dan sebagian panelnya menggunakan bahan plastik yang kuat. Sehingga total bobotnya kini menjadi 1.521 kg atau berkurang sekitar 45kg dari generasi sebelumnya.

Untuk segi handling juga ditingkatkan dengan penggunaan sistem suspensi sport baru, sistem rem kini mengandalkan Brembo, penerapan teknologi Electronic Stability / Traction Control dan tak lupa pada kaki-kakinya kini akan tersedia pilihan velg ukuran 18″-19″ yang akan dibalut dengan ban Pirelli P Zero.

Untuk varian standar, Viper akan menawarkan pilihan SRT Track Pack dan in GTS trim. Untuk pilihan SRT Track Pack mobil akan menggunakan ban Pirelli P Zero, 4 mode Traction Control dan penggunaan sistem rem yang unik dari Brembo.

Sedangkan untuk GTS trim, akan lebih mengutamakan kenyamanan, sehingga penggunaan bahan kulit di ruang kabin menjadikan kesan mewah semakin terasa, seperti yang membalut seluruh bagian dashboard. Dan juga bagian suspensi akan menggunakan Bilstein DampTronic shock absorbers. (kpl/vin)

sumber : yahoo.id