Tikus raksasa Gambia berkembangbiak dengan cepat di Florida Keys meski sudah ada upaya selama satu dekade untuk membasminya. KeysNet melaporkan bahwa spesies asli Afrika ini pertama muncul di Florida Keys pada 1999-2001 setelah seorang pembiak hewan-hewan eksotis melepaskan delapan tikus ini ke alam liar.



“Kami pikir kami sudah berhasil membasmi mereka pada 2009,” kata koordinator spesies eksotik untuk Komisi Perikanan dan Perlindungan Satwa Liar Florida, Scott Hardin. “Menurut kami, mereka tidak pindah jauh tapi jelas berkembangbiak.”

Hewan yang resminya bernama tikus kantung Gambia ini adalah jenis tikus terbesar di dunia. Tikus dewasa bisa mencapai ukuran panjang 91,44 cm dan berat 4 kg. Petugas lokal khawatir, jika tikus raksasa ini bisa mencapai pusat Florida, mereka akan merusak hasil pertanian warga.

Departemen Pertanian Amerika Serikat sudah bekerjasama dengan petugas lokal di Florida Keys untuk membasmi tikus ini. Mereka memperkirakan hanya ada beberapa ekor tikus yang belum tertangkap, tapi tikus-tikus ini bisa berkembang biang dengan cepat. Bahkan hanya dalam waktu lima bulan sejak dilahirkan. Setelah berkembangbiak, tikus Gambia hanya harus menunggu sembilan bulan sebelum punya anak lagi. Sekali melahirkan, tikus Gambia bisa menghasilkan enam bayi tikus sekaligus.

Petugas menggunakan melon dan selai kacang sebagai umpan buat 200 perangkap yang sudah mereka sebar untuk menangkap tikus-tikus Gambia ini. Beberapa tikus ukurannya bahkan menyamai rata-rata kucing rumahan.

sumber : yahoo.id