Alfred Bernhard Nobe
l seorang indutrialis , engineer, ber-asal dari Swedia, penemudinamit. Dia membangun jembatan dan gedung-gedung di Stockholm. Mulai melakukan eksperimen dengan nitroglycerin di awal tahun1860, yang ditemukan oleh temannya seorang ahli kimia, bernama Ascanio Sobrero orang Itali, lulusan Universitas di Torino. Cairan berdaya ledak tinggi yang dianggap terlalu berbahaya untuk digunakan.<>

Alfred Nobel lahir di 21 Oktober 1833 di Stockholm, Swedia. Saat dia berumur 9 tahun keluarganya pindah ke St. Petersburg, Rusia. Ia merasa beruntung dan sangat senang bisa hidup di banyak negara., merasa dirinya menjadi penduduk dunia, bukan hanya satu negara saja. Sepanjang hidupnya dia tidak menikah

Alfred Nobel adalah anak ke tiga dari Emmanuel Nobel (1801–1872) dan Andriette Ahlsell Nobel (1805–1889). Ayahnya adalah penemu modern Plywood. Pemilik perusahaan torpedo, yang sangat digunakan saat perang dunia pertama. Alfred belajar kimia pada Prof. Nikolay Niolaevich Zinin

Saat ia berumur 18 tahun ia pergi ke Amerika untuk untuk belajar ilmu kimia selama 4 tahun. Dan kembali ke Swedia bersama Ayahnya setelah usaha keluarga bangkrut. Saat itu dia memutuskan untuk mempelajari bahan peledak, terutama tentang nitroglycerin.

Nobel mematenkan temuannya, sistim detonator untuk meledakan nitroglycerin. Sejak saat itu perusahaan Nobel memproduksi dinamit dan nitroglycerin. Perusahaannya berkembang pesat.

Tahun 1864, Nobel mendirikan Nitroglycerin AB di Stockholm Swedia. Tahun 1865 ia mendirikan perusahaan,Alfred Nobel & Co di Krümmel dekat Hamburg, Jerman. Tahun 1866, ia mendirikan perusahaan United State Blasting Oil Company di Amerika . Tahun 1870 dia mendirikan perushaan di Paris, Perancis, bernamaSociété général pour la fabrication de la dynamite.

3 September 1864 terjadi ledakan besar di pabriknya, di Heleneborg, Stockholm, yang memakan korban 5 orang, termasuk adiknya sendiri, bernama Emil.

Yayasan hadiah Nobel ( Nobel Prizes ) didirikan pada tahun 1895. Atas penyesalannya telah menemukan sebuah alat pembunuh yang dasyat. Sejak tahu 1901 hadiah nobel diberikan pada laki-laki mapun perempuan yang mencapai prestasi dibidang antara lain fisika, kimia, dunia pengobatan ( kedokteran ), dunia seni sastra, ekonomi, dan pekerja sosial untuk kepentingan umat manusia dan perdamaian dunia dll

Alfred Nobel telah mematenkan temuannya sekitar 355 temuan, yang antara lain dalam bidang,electrochemistry, optics, biology, and physiology

Nitroglycerin ditemukan pertamakali oleh seorang ahli kimia dari Itali, Ascanio Sobrero di tahun 1846. Nitrroglycerin adalah cairan kimia yang sangat mudah menguap. Berkat ketekunannya mempelajari nitroglycerin,tahun 1866, Nobel menemukan cara mencampur Nitroglycerin dan Silica, yang menjadi adonan yang lunak ( semacam pasta ), yang dinamakan dinamit. Kelebihan dinamit dari nitroglycerin adalah, dinamit bisa dibentuk, menjadi bentuk cilinder ( bulat panjang ), mudah dimasukan dalam lubang, kemudian diberi sumbu ( detonator ), biasa digunakan di pertambangan. Temuannya ini membuat dunia pertambangan tertolong dari kerja keras dan waktu yang panjang.

Tahun 1867 Nobel menerima hak patentnya untuk dinamit dengan nomor patent 78,317. Untuk lebih mudah meledakan dinamit yang ia buat ( dinamit dibuat dalam bentuk cylinder, bulat panjang ), dia mengembangkan detonatornya agar lebih mudah lagi meledakan dinamit, hanya dengan kilatan cahaya sumbu. Tahun 1875, di Paris ia menemukan bahan peledak dari gelatin ( dinamit gelatin ) yang mempunyai daya ledak lebih tinggi dari dinamit, dan dipatentkan pada tahun 1876. Tahun 1887, ia mengajukan patent pada pemerintah Perancis, atas temuan barunya, bahan peledak berbentuk bubuk ( blasting powder ).

Alfred Nobel meninggal karena Stroke pada 10 Desember 1896, di Sanreno Italia. Ia meninggalkan kekayaan 31,225,000 kronor Swedia ( mata uang Swedia ), yang setara dengan 250 juta dollar AS di tahun 2008.

Tiap tahun diberikan hadiah Nobel kepada orang-orang di seluruh dunia yang mempunyai perhatian tehadap kehidupan manusia / makluh hidup di dunia, dalam bidang apapun. Tiga hadiah nobel pertama diberikan pada bidang obat-obatan dan fisiologikimia, fisika. Yang ke empat diberikan dalam bidang seni sastra. Yang kelima diberikan kepada kelompok peresaudaraan melawan penindasan.

Hadiah nobel ( Nobel Prizes ) terus mengalir pada manusia-manusia di dunia yang mempertaruhkan hidupnya pada ilmu, kemanusiaan maupun dunia seni sastra. Itulah sebagai bentuk penyesalan nobel atas temuannya yang maha dasyat, dinamit.

sumber : http://randaka.wordpress.com/2010/04/22/alfred-nobel-penemu-dynamit-1833-1896/